Ia itu apa?

Ia bukan cinta, ia juga bukan duka
Ia suka yang nestapa, duka yang menggembira
Ia diantaranya, bisa juga tercipta dari kombinasi keduanya, luka—cinta
Ia tak selemah cinta, tapi tak sekuat baja pula
Ia hanya kepingan momentum yang terbifurkasi sempurna
Ia nada yang tak bersuara, kata tanpa aksara
Sunyi yang tak menyepi, gaduh yang tak meriuh
Rima tak berirama, nyawa tanpa raga
Ia fana yang nyata
Ia ada tapi tiada, percaya bahwa ia ada.percaya bahwa yang ada itu bisa tiada.

Your Food Influence You

          You Are What You Eat. Kamu Adalah Apa Yang Kamu Makan. Jadi, misalnya kalau kamu makan ayam,kamu adalah ayam? Maybe not that simply the meaning of you are what you eat. Mungkin lebih tepatnya pengertian tentang you are what you eat adalah apa yang kamu makan bisa mempengaruhi kepribadianmu. Apa yang kamu makan bisa memcerminkan sifatmu. Jadi setiap makanan yang masuk kedalam mulut kita yang nantinya akan diolah oleh sistem digesti kita sedemikian serupa hingga makanan tersebut dapat menjadi energy yang kita butuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dapat mempengaruhi perilaku, mood, bahkan keadaan psychology kita. Manusia pada dasarnya membutuhkan makanan yang menjadi kebutuhan dasar. Konsumsi karbohidrat, protein, mineral, sangat dibutuhkan manusia sebagai komponen pembentukan energy guna melakukan aktivitas sehari-hari. contohnya saja, ketika manusia tidak mengkonsumsi karbohidrat selama 1 hari, otomatis orang tersebut mengalami hipoglikemi, dimana kadar gula dalam darah dibawah normal. Keadaan hipoglikemi ini bisa mempengaruhi status seseorang. Seperti orang tersebut lesu, lemah, penurunan tingkat koordinasi, bahkan orang tersebu emosinya labil atau cenderung cepat marah,dan lebih parahnya lagi hipoglikemi bisa menyebabkan anxietas atau kecemasan pada beberapa orang yang mengalaminya. Dan ketika keadaan hipoglikemi ini terus-menerus terulang secara konsisten, dapat menyebabkan keadaan yang disebut “hypoglycemia unawareness”. Hypoglycemia unawareness adalah keadaan dimana tubuh tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami hipoglikemi. Ketika tubuh yang normal mengalami hipoglikemi, otomatis tubuh akan melakukan respon salah satunya dengan mengeluarkan hormone stress seperti ephinephrine yang menandakan bahwa tubuh sedang membutuhkan glukosa, tetapi pada orang-orang yang mengalami hypoglycemia unawareness halini tidak terjadi.

Menurut buku biopsikologi karya John P.J Pinnel ketika kita lapar dan makan. Kita memiliki faktor-faktor yang menentukan apa kapan dan berapa banyak kita makan. Pada teori Insentif-Positif, manusia tidak terdorong untuk makan oleh adanya defisit energy internal tetapi oleh perasaan senang yang diantisipasi dengan makan. Makan dipengaruhi oleh keberadaan makanan yang dianggap baik, atau antisipasi akan adanya makanan yang baik yang membuat kita merasa lapar, bukan defisit energy. Lapar juga dipengaruhi oelh interaksi semua faktor yang mempengaruhi nilai intensif-positif makan, termasuk cita rasa makanan yang anda konsumsi dan tenatang apa yang anda ketahui tentang efek dari makanan tersebut. Manusia juga memilih apa yang akan mereka makan sesuai dengan konspesifiknya, seperti makanan yang mereka konsumsi dari kecil, makanan aoa saja yang mereka lihat dari lingkungan mereka. Dan tubuh juga dapat diatur kapan waktu untuk makan. Ini dapat dipengaruhi oleh kegiatan fisik, kebiasaan waktu makan dan norma-norma kutural lainnya.

ratatouie

Seperti yang sudah dituliskan diatas tadi, makananmu mempengaruhi sifatmu. Seperti halnya orang orang yang menyukai rasa manis—seperti coklat. Orang-orang yang rutin mengkonsumsi coklat dianalisir memiliki sifat yang ramah, periang, supel dan cool down. Keadaan ini bisa dipengaruhi karena ketika kita mengkonsumsi coklat yang mengandung teobromin yang merupakan derivate dari xantin. Konsumsi theobromine dapat menurunkan tekanan darah, karena theobromine memberikan efek dilatasi pada pembuluh darah. Maka dari itu, biasanya orang orang yang suka mengkonsumsi coklat memiliki sifat yang lebih tenang dari orang orang yang tidak mengkonsumsi coklat karena ada theobromine yang dapat mempengaruhi tubuh kita.

images

So, it seems sense if I said your food, what you eat can influence you, it can show how you are

Tugas ini untuk memenuhi tugas pretest gizi II dr. Yoseph L Samodra
Terimakasih kepada dr Yoseph yang sudah memberikan kesempatan untuk saya dalam menulis blog—membangun kebiasaan menulis kembali
Sincerely
Komang Ayu Savitri Adnyana
41130096/ kelompok 2

Reference:

John P.J Pinnel. 2012. Biopsikologi. Jakarta. Bentang Pustaka

http://www.houseofnutrition.com/theobromine.html

Disiplin itu Mudah kok

Disiplin,, disiplin adalah perasaan patuh dan taat terhadap nilai nilai yang berlaku dalam masyarakat tersebut,, dan disiplin juga dapat didefinisikan bertanggung jawab atas pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabnya.
Banyak orang bilang kalo disiplin adalah sesuatu yang sangat sulit dilakukan,, bahkan banyak yang berpendapat kalau disiplin itu sudah jarang ditemukan di tengah masyarakat kita ini,, #wow.. Padahal menjadi orang disiplin itu ga sesulit yang kita bayangkan,, hal pertama yang kita butuhkan cuman kemauan. ya,, kalo ga ada kemauan dan ga ada niat mana mungkin sesuatu itu akan tercapai, ya kan??

kata guruku, yang sekaligus menginspirasiku tentang artikel ini,, disiplin itu harus dimulai dari hati,, (seperti yang aku bilang di atas tadi), setelah kita memiliki kemauan dan niat yang cukup, hal yang pertama yang dan yang utama yang harus kita lakukan membina hubungan kita dengan Tuhan.. ya, kalo hubungan kita dengan Tuhan sudah terjalin dengan baik, (kita sulalu beribadah tepat waktu,, selalu mengucap syukur atas apa yang Tuhan berikan,)maka dapat dipastikan semua hal yang akan kita lakukan pasti akan terbina dengan baik,, *ah,, kayaknya ga ada hubungannya deh,orang mau jadi disiplin kok nyangkut2in ke Tuhan sgala??*, ada dong,, gini deh,, kalo kamu ga beribadah tepat pada waktunya berati kamu bukan orang yang disiplin kan?? masak,, beribadah aja ga tepat waktu, nunda nunda mulu, gimana mau nglakuin yang lain??
yang kedua juga ga kalah penting.. kita harus membina hubungan kita dengan sesama dan lingkungan,, ya,, kalo ingin menjadi seorang yang disiplin kita harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan sesama dan lingkungan,,
dan yang ketiga nih,, selalu tepat waktu,, mungkin ini adalah hal tersulit yang harus dijalani untuk menjadi seorang yang disiplin.. eits, ga juga loh kalo kita mau nglakuin, mungkin ini adalah sesuatu yang biasa,, yang terpenting adalah membiasakan diri agar bisa tepat waktu,, tanamkan di diri dan pikiran bahwa tepat waktu adalah bukan sesuatu yang ulit dilakukan..

segitu dulu deh tentang disiplin,, maaf kalo artikel ini sedikt rancu >.< dan ga nyambung..
see ya..

Sekolah Sehat yang akan Menjadi Sekolah Model

      si sekolah kita tercinta, SMA 7 ini beberapa tahun terakhir ini di kategorikan sebagai salah satu sekolah sehat yang berada di Jogja. diawali dengan tumbuhnya wastafel-wastafel di beberapa tempat secara misterius, dipajangnya foto foto manusia terkutuk di setiap koridor (dia terkutuk karena kebanyakan ngerokok), adanya keberadaan tempat sampah yg bertuliskan ‘organik’ dan ‘non organik’di setiap kelas. di tatonya tembok tembok sekolah dengan tulisan ‘UKS’ (biar sangar kali yak). si kantin kita yang di make up sampai jadi cantik sampai adanya si CS (Cleaning Servis) yg menghapuskan tugas siswa sebagai piketers. #eh emang ada gitu piketers ._.,, tapi kok, tapi kok, tapi kooookk… sekarang si sekolah sehat ini udah keliatan ga sehat lagi yak?? bayangin aja deh,, coba bayangkan!! #lebay… ni yah kebaradaan si tempat sampah organik dan anorganik sudah di pandang sebelah mata… tempat sampah yg bertuliskan organik dan anrganik itu udah ga berguna. sampah yang seharusnya organik dimasukin ke yg anorganik dan sebaliknya.  terus kamar mandinya yang megeluarkan bau tak sedap yg menjijikan =..= dan kamar mandi pria yg kadang kadang kecium bau rokok. terus si wastafel yg ga ada sabunnya…

  Eits, eits tunggu dulu walaupun gelar “sekolah sehat” udah ga disanding oleh sekolahku, tapi sekarang sekolahku masuk nominasi “sekolah model”  loohh *ceritanya congkak*(eh, iya ga sih? ._.). Bangga?? pastinya iyalah. daaan *jeng jeng* perubahan di sekolahku udah mulai kliatan,, dari yg sbelumnya kita sebagai siswa ampe megap-megap minta sabun di wastafel, entah skarang si sabun itu dateng sendiri ke wastafelnya, trus sekarang ngajak temenny si serbet lagi.. Dan automaticlly di setiap wastafel udah tersedia sabun +serbetnya.. terus dikasi tempat kaya map gitu #serah deh namanya apa# di setiap kelas, yang di dalemnya isinya daftar absent sama buku kemajuan kelas yg musti kudu wajib harus diisi tiap harinya.  tapi ga separah waktu dulu jadi sekolah sehat sih,, bedanya kalo dulu  tembok tembok disekolah di tato dengan tulisan ‘UKS’ sekarang tembok tembok sekolah ga di tato dengan gambar gambar model #eh. Sebetulnya sih seneng ya sama perubahan yg terjadi di sekolahku, tapi kok perubahannya berembel-embelkan untuk mendapat gelar “sekolah model”?? apa itu sekarang keadaan sekolah lebih baik?? bukan karna sekolah memperhatikan aspirasi kita?? yah,, kalo alasannya itu mah aku kecewa berat.. tapi serah deh,, suka suka sekolah. kita sebagai siswa hanya bisa menjalankan peraturan sekolah sebagai mana mestinya..

tx for reading,, c u in the next posting..🙂

ceritaku tentang seleksi MPK

   sekarang bulan september dan ngingetin aku tentang seleksi MPK. yak, tepatnya taun lalu, pertengahan bulan september gitu sehabis libur lebaran gitu ada seleksi MPK gitu. jadinya, ak udah ngisi formulir pendaftaran MPK, yang udah dikasi beberapa minggu sebelum seleksi, semuanya yg ada di  form udah aku isi tu, mulai dari nama, alamat, motivasi, tapi ada satu bagian yg ga aku isi yaitu jabatan. pas itu ak bingung mau milih jadi apa, orang akunya aja ga tau jabatan-jabatan apa aja yg ada di MPK ya udah lebih baik ga aku isi. yak, pas mau pulang gitu ada pengumuman yg ikut seleksi di suruh kumpul di salah satu ruang. terus habis pulang sekolah aku sama temenku  yg ikut MPK masuk ke kelas yg di sebutin mba mbanya tadi. waktu itu yg ikut MPK banyak, pkoknya satu kelasan gitu deh. terus aku liatin formnya temenku satu satu, ada yg nulis pengen jadi komisi 1, ada yg pengen jadi bendahara, ada yg pengen jadi komisi 4, macem macem deh.. terus aku ngliat salah satu formnya temenku disitu tertulis dia pengen jadi sekretaris 2,, dan entah kenapa itu form memiliki daya tarik yg luar biasanya kaya ada semacam pelet gitu dan akhirnya tanpa berpikir panjang aku ikut ikutan jadi sekretaris (mungkin karena si form itu ada kekuatan magicnya).  terus aku kumpulin tu formnya. karna aku milih jadi PH mbak mabaknya manggil aku agak terakhir terakhir gitu.  terus sambil nunggu namaku di panggil, aku ngliatin ekspresi temenku yg habis keluar dari kandang macan (baca: ruang seleksi), ada yg mukanya datar datar aja, ada yg mukanya madesu gitu, sampe ada yg berlinang air mata gitu… kaya abis nonton telenovela marimar gitu.. oke,, hipotesaku yg pertama tentang seleksi kali ini adalah,, mungkin nanti saat namaku dipanggil aku akan pingsan duluan atau saat aku bisa survive dalam melaksanankan tugas yg serius ini dan keluar dari kandang macan mungkin ada bagian dari tubuhku yg tertinggal disana. terus namaku *jeng jeng* sama temenku yg nulis pengen jadi sekretaris sebut saja dia temenku yg nulis pengen jadi sekretaris (TYNPJS) dan sama temenku yg satunya lagi yg pengen jadi ketua sebut saja dia temenku  yg satunya lagi yg pengen jadi ketua (TYSLYPJK) di panggil. aku menuju kelas itu dengan tampang so cool dan pura pura tenang,, mengingat tentang hipotesaku yg pertama tadi yg buat diriku pengen guling guling di depan kelas. terus kita menuju tempat yg di suruh mba mbanya. tempat yg katanya kita akan dibantai habis hbisan disana. tempat yg mbuat ekspresi temenku yg awalnya ceria ceria aja menjadi madesu. oke peperangan pun dimulai. pertama buka pintu,, terus ada seorang mas mas yg suruh aku berdiri di depannya dan aku di seleksi ama dia, sebut saja dia mas mas yg ikut tonti yg nyeleksi aku yg masang muka sok tatapan tajem tapi malah mukanya jadi keliatan aneh (MMYITYNAYMMSTTTMMJKA). oke pertama MMYITYNAYMMSTTTMMJKA ini nyuruh aku memperkenalkan diri. dengan tetap bertahan menggunakan muka sok tatapan tajemnya aku di tanyai berbagai macam hal, mulai dari motivasi ku ikut MPK, pingin jadi apa di MPK dan berbagai macam pertanyaan lainnya. tapi aku ngerasa  interviewku dengan MMYITYNAYMMSTTTMMJKA ini berputar-putar. kayak kamu dari jogja ke jakarta tapi kamu harus ke papua dulu trus transit di makasar habis itu transit lagi di pontianak dan habis itu dari surabaya ke jakarta naik bis. dan entah kenapa setiap kali MMYITYNAYMMSTTTMMJKA ngajuin pertanyaan kepadaku, aku selalu pingin ngakak. dikarenakan dia tetep teguh mempertahankan muka sok tatapan tajamnya,, masa ya aku bilang kaya gini “mas, mas bisa ga sih muka lo yg sok tatapan mata tajam itu di hentiin, ganggu gue tau ga??!!!” kan ga lucu banget ak ngomong kaya gitu, oke itu rencana konyolku yg pertama, atau gini, tiap kali MMYITYNAYMMSTTTMMJKA ngajuin pertanyaan ke aku, aku merem aja biar ga ke ngaggu ma tatapan MMYITYNAYMMSTTTMMJKA, itu rencana konyolku yg kedua, atau gini tiap kali MMYITYNAYMMSTTTMMJKA mengajukan pertanyaan ma aku, aku membelakangi dia jadi ak yg ngejawab pertanyaannya ngadep papan tulis, dan itu rencanku yg terakhir. oke aku ngerti semua rencana konyolku itu benar benar konyol dan pastinya ga akan ku lakuin di saat saat genting seperti ini. dan rencanaku yg paling normal adalah membiarkan MMYITYNAYMMSTTTMMJKA menatap ku dengan tatapan mata tajamnya yg aneh. oke,, setelah sekian lama bersusah payah aku berhasil untuk melihat MMYITYNAYMMSTTTMMJKA itu, akhirnya seleksi tahap 1 pun selesai,, dan TYSLYPJK yg diseleksi sama mas mas berbadan kekar (MMYBK) juga udah selesai. huh,, akhirnya aku berhasil survive di kandang macam itu. dan hipotesaku mengenai seleksi ini salh besar. dan kesimpulan dari seleksi ini adalah, aku bisa selamat dari seleksi ini tanpa ada bagian dari tubuhku yg tertinggal disana,, dan jika terjadi perubahan ekspresi wajah pada aku mungkin itu di sebabakan oleh penyeleksi penyeleksinya, bukan karna pertanyaannya. dan aku merasa di gendam saat aku memilih menjadi sekrestaris di MPK.

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.